Polsek Gunung Anyar Berhasil Mengamankan Residivis Curanmor

Bagikan Via:

SURABAYA, Pilarpos.com – Unit Reskrim Polsek Gunung Anyar, Polrestabes Surabaya gelar Pers Release dihalaman Mapolsek terkait pengungkapan satu orang pelaku tindak pidana curanmor di wilayah gunung anyar dan wilayah kota besar Surabaya lainnya, dan pelaku kedapatan membawa senjata tajam dan satu pucuk Air Soft Gun. Jum’at (07/07/2023).

“Satu tersangka yang berhasil kita tangkap bernama M. Ali (38th) warga Dusun Jaddih tengah II Socah, Bangkalan Madura. Mereka kita tangkap berdasarkan laporan dari masyarakat setempat, lantaran pelaku M.Ali bersama rekannya MF (DPO) sering melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor di Jalan Amir Mahmud Gununganyar Surabaya,” ujar Kapolsek Gunung Anyar Surabaya AKP Roni, didampingi Kasihumas Iptu Haryoko.

Pada waktu patroli di tempat Kring sersenya melihat 2 (dua) orang yang mencurigakan melintas di Jalan Amir Mahmud Gunung Anyar Surabaya, menggunakan sepeda motor honda. Lalu anggota team anti bandit melakukan pembuntutan dan dilanjutkan memberhentikan serta melakukan pengeledahan, saat pengeledahan badan terhadap salah satu tersangka M.Ali dan diketemukan membawa senjata tajam yang di selipkan di pinggang celana sebelah kanan.

“Karena tersangka itu mencoba mengancam keselamatan petugas memakai senjata api, akhirnya petugas terpaksa mengambil tindakan tegas itu dengan melumpuhkan dua tembakan dengan menembak di bagian dua kaki mereka,” jelasnya.

Baca Juga:  Pastikan Kepuasan Pelayanan Publik, Kementerian PANRB dan Mabes Polri Kunjungi Polres Magetan

Sala satu anggota team anti bandit langsung mengunci/memeluk tersangka dari depan dan berhasil mengamankan senjata tajam tersebut, namun saat itu tersangka M.Ali berontak, tangan tersangka berhasil mengambil senjata Air Soft Gun dari dalam tas nya dan langsung di tembakkan ke arah anggota berulang kali dan mengenai bagian atas dan bawa, mata serta leher, kemudian dengan sigapnya anggota berhasil membanting tersangka M.Ali ke tanah dan menangkapnya serta berhasil mengamankan senjata air soft gun yang dipakai tersangka dari tangan tersangka dan juga berhasil mengamankan senjata tajam jenis pisau penghabisan yang di bawa tersangka.

Teman tersangka yang berinisial M.F berhasil melarikan diri dan selanjutnya melakukan pengeledahan pada tas yang di bawa tersangka M.Ali, setelah ditangkap tersangka M.Ali ditemukan 1 (satu) buah kunci inggris , 1 (satu) buah kunci leter T , 2 (dua) mata kunci , 3 (tiga) kunci magnet , 3 (tiga) kunci kontak palsu, selanjutnya pelaku dilakukan interogasi dan mengaku telah melakukan Pencurian sepeda motor sebanyak kurang lebih 6 (enam) kali melakukan bersama dengan saudara M.F (joki) kemudian kejahatan di jual kepada saudara R dengan harga 3 juta sampai dengan 5 juta rupiah, dan tergantung dari jenis motor nya, selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke Polsek Gunung Anyar Surabaya guna dilakukan proses lebih lanjut.

Baca Juga:  Pastikan Keamanan Arus Balik Lebaran, Kapolri Patroli Udara Jalur Tol

Barang bukti yang disita 1 (satu) unit sepeda motor Honda Vario 160cc warna hitam, nopol L 4490 AAI, 2 (dua) buah plat nomer palsu nopol W 6450 AAW.,1 (satu) buah kunci inggris,1 (satu) buah kunci leter T, 3 (tiga) kunci magnet, 3 (tiga) kunci palsu, 1(satu) bilah senjata tajam penghabisan beserta sarungnya, 1 (satu) pucuk senjata air soft gun yang didalam magazinenya masih tersisa kurang lebih 11 (sebelas) butir peluru gotri, 1 (satu) buah HP merek OPPO.

“Tersangka M.Ali atas perbuatannya akan dijerat dengan pasal, tindak pidana curat (curanmor R2) dan kedapatan membawa 1 (satu) pucuk pistol air soft gun dan sebilah senjata tajam jenis penghabisan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP dan atau Pasal 1 ayat (1) UU darurat No 12 Tahun 1951 dan melawan petugas Pasal 212,” pungkasnya. (Ifa)

X