Tingkatkan Kamtibmas, Kapolres Pasuruan Gelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) Kabupaten Pasuruan

Bagikan Via:

PASURUAN, Pilarpos.com – Dalam rangka menciptakan Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) di Lingkungan Desa atau Kelurahan, Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si. memimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) Kabupaten Pasuruan, bertempat di lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan. Rabu (21/06/2023).

Bertindak sebagai Komanda Apel yakni Kasat Binmas Polres Pasuruan AKP Mastuki, S.H. dan diikuti oleh PJU Polres Pasuruan, Kapolsek jajaran Polres Pasuruan, Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Pasuruan, Kasat Pol PP Kabupaten Pasuruan, Rudenim Kabupaten Pasuruan, Kepala Desa Jajaran Kabupaten Pasuruan, Linmas Jajaran Kabupaten Pasuruan, Kasat Kamling dan Awak Satkamling Jajaran Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga:  PSHT Blitar Dukung Polisi Tindak Tegas Oknum Pesilat yang Mengganggu Kamtibmas

Selanjutnya Kapolres Pasuruan melakukan Pemberian Penghargaan Lomba Satkamling dan Desa Preemtif jajaran Polres Pasuruan kepada para Kepala Desa yang menjadi pemenang Lomba, terdiri dari Piagam Penghargaan dan sebuah Trophy.

Selanjutnya Kapolres Pasuruan memberikan amanat , “Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena
itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi Early Warning (Peringatan Dini) terhadap potensi Kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian masyarakat yang prediktif,” Ucap AKBP Bayu.

Lebih lanjut, “Polri juga akan melaksanakan kegiatan
peningkatan kemampuan para Awak Satkamlingnya
melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli
lingkungan, bantuan dalam hal menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan
masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga:  Kapolres Pasuruan Dampingi Kapolda Jatim Mengecek Pos Pelayanan Mudik Hari Raya Idul Fitri

Melalui kegiatan tersebut, AKBP Bayu berharap agar para Awak Satkamling dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis
Operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan
Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan
yang berlaku. (Dir)

X