Polresta Malang Kota Siagakan 124 Personel Antisipasi Kepadatan Lalulintas di Libur Panjang

Bagikan Via:

KOTA MALANG, Pilarpos.com – Hingga memasuki hari kedua masa libur Panjang kemarin, kondisi arus lalu lintas di wilayah Kota Malang terpantau ramai lancar.

Dari hasil pantauan, belum nampak kepadatan atau peningkatan volume kendaraan yang signifikan yang memasuki Kota Malang.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto melalui Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Akhmad Fani Rakhim saat ditemui awak media di Pos Pantau Kota Malang, Jumat (2/6).

Kompol Fani mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan kondisi lalu lintas di beberapa ruas jalan di wilayah Kota Malang sejak Rabu (31/5).

“Dari hasil pemantauan, belum terlihat adanya kepadatan lalu lintas sama sekali,” ujarnya , Jumat (2/6/2023).

Pihaknya memprediksi saat musim libur panjang seperti ini, volume kendaraan di dalam kota akan mengalami peningkatan, meski jumlah peningkatannya tidak terlalu signifikan.

Baca Juga:  Perkara Tanah Di Pai Kota Makassar Merupakan Hal Yang Krusial

“Kalau melihat masa libur panjang seperti ini, memang akan terjadi peningkatan volume kendaraan. Mungkin sore nanti, baru akan terlihat peningkatannya,” tambahnya.

Kompol Fani mengungkapkan, ada tiga titik yang berpotensi terjadi kepadatan lalulintas di wilayah Kota Malang.

Tiga titik tersebut yaitu Simpang MCC (pertigaan Jalan Ahmad Yani – Jalan L.A Sucipto), Simpang Borobudur (pertigaan Jalan Ahmad Yani – Jalan Borobudur), dan Simpang Dinoyo (pertigaan Jalan MT Haryono – Jalan Gajayana).

“Kami telah menyiagakan sebanyak 124 personel di pos-pos yang ada. Apabila terjadi kepadatan, maka personel tersebut segera turun ke lokasi dan melakukan penguraian,”terang Kompol Fani.

Selain itu, Satlantas Polresta Malang Kota juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang terkait dengan pengaturan waktu lampu lalu lintas (traffic light).

Baca Juga:  Polres Sampang Amankan 10 Remaja Pelaku Tawuran Jelang Sahur

Apabila ada ruas jalan yang terjadi kepadatan cukup panjang, kata Kompol Fani maka waktu menyala lampu hijau di traffic light akan ditambah waktunya.

Namun jika terjadi kepadatan, anggota Satlantas yang bertugas akan melakukan pengaturan secara manual.

“Apabila terjadi kepadatan, kami akan lakukan pengaturan lalin secara manual,” pungkas Kompol Fani.

Seperti diketahui, mulai Kamis (1/6/2023) hingga Minggu (4/6/2023), masyarakat dapat menikmati libur panjang dikarenakan ada libur Nasional dalam rangka hari lahir Pancasila, hari besar keagamaan Waisak, dan cuti bersama. (Dewi)

X